Text
Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik
Perhatian pada penelitian ilmu komunikasi bukanlah monopoli ilmuwan. Pihak legislatif dan eksekutif perlu meyakini tingkat efek komunikasi massa untuk menyusun undang-undang atau menetapkan kebijaksanann. Para pendidik mencari kemungkinan penggunaan media komunikasi untuk tujuan-tujuan instruksional. Pemasangan iklan tentu ingin mengetahui efektivitas iklan yang dipasangnya. Surat-surat kabar ingin mengetahui jangkauan pengaruh yang ditimbulkannya. Para mubalig, para pendeta, dan badan-badan yang bergerak untuk memengaruhi masyarakat berminat untuk meneliti pengaruh dan hasil kegiatan komunikasi mereka. Terakhir, paling tidak setiap mahasiswa yang mendalami gejala komunikasi -- apa saja bidang ilmunya -- memerlukan kemampuan melihat komunikasi secara empiris.
Pada buku Metode Penelitian Komunikasi, Jalaluddin Rakhmat, yang meraih gelar M.Sc-ya pada bidang penelitian komunikasi di Iowa University, menjelaskan cara-cara melakukan penelitian komunikasi. Setelah menguraikan metode, model, dan teknik penelitian komunikasi, ia juga membimbing Anda untuk membuat usulan penelitian -- baik untuk keperluan skripi Anda maupun untuk ditawarkan pada lembaga-lembaga pemberi dana. Yang sangat berharga dalam buku ini -- serta berguna bagi semua peneliti ilmu sosial -- adalah petunjuk praktis pengujian hipotesis denga tes-tes statistik. Langkah-langkah analisis statistik diuraikan dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami. Walaupun Anda tidak pandai dalam matematika (dan membencinya), Anda akan menguasai (dan menyukai) tes-tes statistik dalam buku ini.
BDK0002117 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain