Buku ini bertujuan untuk mendokumentasikan gagasan, ucapan, dan tindakan Menteri Agama, Dr. H. Suryadharma Ali, M.Si yang sesungguhnya sangat orisinil. Melalui dokumentasi semacam ini, maka gagasan yang terserak, pikiran yang hanya terungkapkan dan tindakan yang terkadang tidak diperhatikan, bahkan tidak jarang disalahartikan, dapat tersampaikan kepada setiap orang, komunitas ataupun kepada pub…
Buku ini membahas perbaikan Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pendidikan nilai bertujuan membimbing peserta didik dalam menilai kebenaran, kebaikan, dan keindahan serta mewujudkannya dalam tindakan. Buku ini mengusulkan model pembelajaran nilai berdasarkan kata "N-I-L-A-I" untuk SLTA yang membantu siswa berpikir kritis tentang isu-isu ak…
Salah satu sifat dari hukum adat termasuk interaksi atau integrasi nilai-nilai adat adalah bersifat dinamis, artinya dapat berubah dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan masyarakat, dan dapat pula berbeda dari temat yang satu dengan tempat yang lainnya sejalan dengan kebudayaan masyarakat masing-masing. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya pergeseran tersebut, antara laun masuknya unsu…
Dalam buku ini secara khusus menguraikan tentang Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang memiliki program pengembangan keunggulan kompetitif di bidang akademik dan keagamaan. Hal ini penting dipublikasikan menginat Madrasah Aliyah yang pada awalnya dihadirkan sebagai salah satu lembaga pendidikan formal di bawah naungan Kementerian Agama, yang secara khusus mempelajari ajaran Islam di dalam berbagai …
Madrasah digital menjadi salah satu terobosan dalam dunia pendidikan di Indoneisa untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman. Dalam konsep madrasah digital, teknologi perangkat digital bukan tujuan melainkan sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan pendidikan di madrasah secara efektif dan efisien. Madrasah digital dalam penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikannya menggunakan aplikasi digi…
Pendidikan Agama Berbasis Desa (PBAD) merupakan sebuah formulasi penyelenggaraan pendidikan agama dan keagamaan terintegrasi di desa, yang duharapkan dapat menjadi solusi atas problematika pelayanan pendidikan agama dan keagamaan. Desa menjadi pilihan lokus kolaborasi dan integrasi pendidikan agama dan keagamaan ini. Sebab biasanya desa memiliki satuan pendidikan baik formal, nonformal maupun i…