Text
Benchmark Internasional Mutu Pendidikan
Kebijakan pendidikan telah bergeser dari input-oriented ke outcame-based yang melihat bahwa mutu pendidikan harus dimulai dengan expected outcame yang jelas dari suaty lembaga pendidikan. Perbaikan dan peningkatan mutu masukan dan progress pendidikan harus merupakan upaya penjabaran untuk mencapai expected outcame tadi. Oleh karena itu, standarisasi expected outcame dalam bentuk kompetensi menjadi titik awal untuk standarisasi masukan dan proses pendidikan. Selain itu, pada era kesejagatan, telah terjadi adanya mutual recognation antarnegara tentang kualifikasi lulusan ini sehingga meniscayakan adanya proses nasionalisasi dan transnasionalisasi kompetensi lulusan lembaga pendidikan. Kompetensi lulusan ini bergeser dari local specifik ke global universal sebagai survival kit untuk dapat bertahan di era mendatang.
Buku ini membahas tiga studi internasional yang diadakan oleh OECD dan IEA tersebut, yaitu Program for International Student Assessment (PISA), Progress in International Reading Literarcy Study (PIRLS) dan The Third International Mathematics and Science Study (TIMSS). Hasil ketiga studi itu telah mengingatkan kita bahwa sistem pendidikan kita perlu penataan baru agar senantiasa berperan merintis dan memantapkan kemajuan kehidupan mendatang dalam peradaban yang tinggi, indah, dan bermartabat.
Tidak tersedia versi lain