Text
Gerakan Pembaruan Pendidikan Islam di Era Reformasi : Studi Kasus di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Palembang : Buku 9
Perkembangan pemikiran para pemikir Islam Indonesia dalam bidang penididikan telah mengalami berbagai macam perubahan dan penyesuaian baik secara evolusi atau revolusi, maupun secara struktural atau kultural yang jika dipetakan dalam pola-pola pemikirannya dapat dikategorikan pada pola pembaruan pemikiran Islam tradisionalisme, modernisme, dan fundamentalisme. Sedangkan dari segi kelembagaan, pola pendidikan di pondok pesantren satu dengan yang lainnya tentu ada perbedaan, ada yang lebih menekankan pada struktur kekeluargaan, ada juga yang menekankan pada struktur berdasarkan tingkat kemampuan seseorang, seperti Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Palembang. Dari segi kurikulum tentunya pondok pesantren memiliki ciri khas tersendiri, dimana biasanya pada pondok pesantren salafiyah lebih menekankan pada metode sorogan atau bandongan, namun ada juga yang mengikuti pola pesantren lain atau muadalah dengan lembaga pendidikan tertentu bisa ke Timur Tengah atau mencontoh pola pondok pesantren yang sudah maju seperti Pesantren Gontor dan yang lainnya. Gerakan pembaruan di Pondok Pesantren inilah yang menjadi titik tolak dalam buku ini.
Tidak tersedia versi lain