Text
Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Jawa Tengah
Peningkatan mutu pendidikan dianggap sebagai bagian dari upaya penting untuk mengangkat harkat dan martabat manusia. Akan tetapi perjuangan berat untuk membangun mutu pendidikan belum membuahkan hasil yang memuaskan. Dalam kondisi keterpurukan mutu pendidikan, pengembangan kebijakan pendidikan memunculkan arah baru perubahan kurikulum dengan basis kompetensi atau biasa disebut dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Akan tetapi dalam praktiknya, KBK hanya bisa diimplementasikan secara maksimal di sekolah-sekolah tertentu dengan rentang waktu cukup singkat. Setelah itu, KBK diganti dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KBK sebagai kurikulum yang dibuat Diknas, tentu dalam pelaksanaannya mengalami banyak kendala ketika diimplementasikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Sebagai hasil rumusan penelitian yang dilakukan madrasah-madrasah aliyah di Jawa Tengah, buku ini mungkin akan menjadi bagian dari catatan sejarah pembangunan dunia pendidikan di Indonesia, terutama sekali pada perubahan pasang surutnya kurikulum pendidikan di Indonesia.
Tidak tersedia versi lain