Text
Different Perspective in Design Thinking
Globalisasi dan digitalisasi menjadi kata-kata yang sering dibicarakan dalam masyarakat kontemporer. Mereka mempengaruhi kehidupan pribadi dan profesional kita. Masyarakat menjadi lebih beragam dengan akses yang lebih mudah terhadap informasi dan platform virtual yang memberi kita kesempatan untuk berhubungan dengan kolega, teman, keluarga, dll. kapan saja. Lingkungan yang kompleks sedang muncul di mana internet of things dan big data diintegrasikan dengan produk, sistem produksi, layanan kesehatan, dan aktivitas sehari-hari serta memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan. Hal ini berdampak pada desain masa depan dan peran desainer. Dibutuhkan desainer yang bertanggung jawab dengan perspektif holistik.
Buku ini menyoroti beberapa aspek pemikiran desain seperti Desain Informasi dan Desain Kritis. Makna budaya, gender dan disabilitas juga dibahas. Fungsi Desain Informasi berubah dari ‘menunjukkan jalan’, instruksi manual dan desain grafis. Hal ini akan berdampak antara lain pada teknologi kesehatan, produk pintar, dan Industri 4.0. Perspektif pemikiran desain yang mencakup pengguna dari seluruh rantai dan dari produsen hingga pengguna akhir produk atau layanan, diperlukan. Hal ini juga memerlukan pertimbangan isu gender dan budaya dalam merancang produk dan layanan. Metode pemikiran desain dan aspek penting desain akan berkontribusi pada masyarakat inklusif.
Tidak tersedia versi lain