Text
Kristen Muhammadiyah : Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan
Buku ini memberikan penjelasan sosiologis bagaimana institusi pendidikan Muhammadiyah
konsisten membangun kohabitasi masyarakat yang majemuk tanpa kehilangan identitas masingmasing. Membangun konvergensi kewargaan di bidang pendidikan merupakan kunci untuk
mentransformasikan perbedaan dan harmoni sosial menjadi kekuatan kolektif dan kemajuan. Kohesivitas sosial bangsa yang telah teruji di masa pandemi tumbuh kuat dari proses panjang, termasuk proses konvergensi dan ko-eksistensi generasi muda di dunia pendidikan tersebut.
Muhammadiyah menawarkan model bagaimana instituIslam berkontribusi terhadap kerukunan umat beragama dan pemenuhan hak asasi manusia, utamanya hak atas pendidikan. Fenomena Kristen-Muhammadiyah (Krismuha) merepresentasikan perjumpaan kreatif antara identitas keislaman dan sang liyan (the other) dengan tujuan saling memahami dan menerima realitas perbedaan.
Model pendidikan ko-eksistensi di Ende (NTT), Serui (Papua), dan Putussibau (Kalbar)-yang menjadi lokus kajian ini menunjukkan bahwa gerak modernisme Islam telah berperan besar dalam merekatkan keindonesiaan, menjaga kebinekaan, dan membangun Indonesia dari pinggiran.
Tidak tersedia versi lain