Text
Buku Ajar Tambahan tentang Kebencanaan
Sekolah memiliki peran strategis untuk mendiseminasikan pengetahuan pengurangan Risiko bencana (PRB) dan adaptasi perubahan iklim sebagai bagian dari proses pembelajaran sebagai bekal bagi para peserta didik yang hidup di daerah rawan bencana. Pengetahuan tentang kebencanaan dapat diajarkan melalui integrasi ke dalam berbagai mata pelajaran di setiap jenjang satuan Pendidikan.
Guru adalah aktor kunci dalam menginsersi dan mengintegarsikan pengurangan resiko bencana disekolah. Materi-materi pada Kurikulum Nasional pada dasarnya memiliki topik-topik yang potensial untukmengajarkan pengurangan resiko bencana dan adaptasi perubahan iklim sehingga bisa diajarkan sebagai bagian dari mata pelajaran. Namun proses ini masih belum berjalan maksimal akibat minimnya pengetahuan guru terkait kebencanaan dan tingginya beban mengajar. Oleh karena itu proses ini perlu dipermudah dengan salah satunya melalui penyediaan buku ajar agar pembelajaran kebencanaan dapat dilakukan integratif, secara berkelanjutan dankomprehensif. Namun tentunya proses ini perlu didukung oleh manajemen sekolah dan pemangku kepentingan terkait.
Mengingat pentingnya pengetahuan kebencanaan terintegrasi secara lebih komprehensif dalam satuan Pendidikan, Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Kementerian Agama RI dan ICAOS menyusun buku Ajar Kebencanaan MTs. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan yang memudahkan guru dalam mengajarkan konsep- konsep kebencanaan kepada peserta didik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain