Pembentukan karakter tidak bisa dilakukan secara instan melainkan melalui proses penanaman dan penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan dan keteladanan. Regulasi Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) di Kementerian Agama diatur pada Peraturan Menteri Agama Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7272 Tahun 2019 t…
Guru sebagai pihak kedua setelah orang tua memiliki waktu berinteraksi langsung dengan anak dalam mendidikan dan mendampingi selama anak berada di Raudhatul Athfal (RA) menggantikan peran orang tua sementara selama anak bermain ddan belajar di RA. Guru memiliki tanggung jawab menjalankan peran untuk mendidik, mengasuh, dan menjaganya. Peran guru sebagai perencana pembelajaran, pengajar, pembimb…
Raudhatul Athfal (RA) sebagai lembaga pendidikan formal anak usia dini mengupayakan untuk menegakkan proses humanisasi sejak dini dengan menyelenggarakan pendidikan inklusif di dalam kurikulum, perencanaan, proses maupun penilaiannya. Guru RA perlu meningkatkam kompetensinya dalam memahami keberagaman anak serta meningkatkan kemampuan dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan ke…
Stimulasi atau rangsangan merupakan kegiatan tertentu yang diberikan kepada anak untuk dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Di dalam proses tumbuh kembang anak, terdapat pula anak yang mengalami hambatan atau gangguan yang dikenal dnegan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Di dalam proses deteksi dini tumbuh kembang anak perlu adanya pelibatan tenaga profesional seperti dokter, p…
Pengalaman belajar yang berkualitas dapat diperoleh melalui strategi pembelajaran dan pemilihan bahan ajar yang kreatif, inovatif, dan mengikuti perkembangan teknologi. Keunikan dan tahapan perkembangan anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal juga membutuhkan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari guru. Oleh karena itu, guru profesional diharapkan mampu menyusun strat…
Pendidikan Islam menempatkan anak pada posisi penting sebagai jaminan keberlangsungan masa depan bangsa. Masa depan bangsa yang serba cepat dan tidak pasti, masa depan yang mengharuskan manusia dapat beradaptasi dengan bekal pengetahuan dan keterampilan. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan sangat ditentukan oleh mutu guru. Guru dituntut memiliki pengetahuan tentang isi (content knowledge)…
Pendidikan Islam menempatkan anak pada posisi penting sebagai jaminan keberlangsungan masa depan bangsa. Masa depan bangsa yang serba cepat dan tidak pasti, masa depan yang mengharuskan manusia dapat beradaptasi dengan bekal pengetahuan dan keterampilan. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan sangat ditentukan oleh mutu guru. Guru dituntut memiliki pengetahuan tentang isi (content knowledge)…
Pendidikan Islam menempatkan anak pada posisi penting sebagai jaminan keberlangsungan masa depan bangsa. Masa depan bangsa yang serba cepat dan tidak pasti, masa depan yang mengharuskan manusia dapat beradaptasi dengan bekal pengetahuan dan keterampilan. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan sangat ditentukan oleh mutu guru. Guru dituntut memiliki pengetahuan tentang isi (content knowledge)…