Masyarakat kebanyakan menyangka Kantor Urusan Agama hanya instansi yang mengurus perkara nikah dan cerai. Pandangan ini menandai tantangan instansi ini memperkuat layanan utama lainnya: bimbingan keluarga sakinah, kemasjidan, hisab rukyat, hingga zakat dan wakaf. Buku ini menyediakan data dari lapangan yang menggambarkan bagaimana persepsi masyarakat terhadap layanan KUA dan bagaimana para ASN …
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan lahir dan tumbuh sebagai garda terdepan layanan publik di lingkungan Kementerian Agama. KUA adalah bagian penting perjalanan Kementerian Agama. Karena itulah setiap tahun berbagai program penguatan KUA dicanangkan dengan harapan KUA semakin eksis. Layanan publik pada KUA merupakan sektor yang terus diberikan perhatian khusus jajaran Ditjen Bimas Islam Kemente…
Survey Indeks Pelayanan Keagamaan Tahun 2020 ini secara umum bertujuan untuk melakukan evaluasi atas pelaksanaan kegiatan pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) yang berjalan sejauh ini ditengah masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan bahan kebijakan untuk Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, terutama dalam rangka pemberdayaan dan pembinaan KUA ke depan. Hal ini menjadi b…
Upaya untuk menghadirkan keluarga sakinah, salah satu indikator utama adalah turunnya angka perceraian sebagaimanan yang menjadi cita-cita program ini tentu bukan perkara mudah. KUA harus melakukan transformasi , kreativitas dan inisiasi sejumlah program . Praktik-praktik yang dilakukan KUA Sewon Bantul, KUA Umbulharjo, KUA Cipeundeuy dan KUA Kiaracondong perlu menjadi inspirasi bagi kua-kau …